Popular Post

Popular Posts

Jumat, 17 Maret 2017

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera untuk kita semua, kali ini di post saya, saya akan memposting pengertian tentang ERP dan ODOO, berikut ini adalah hasil nya:




"ERP is usually referred to as category of business-management software—typically a suite of integrated applications—that an organization can use to collect, store, manage and interpret data from these many business activities.".

Dari  yang kita baca dapat kita simpulkan bahwa erp adalah "kategori software manajemen bisnis yang terintegrasi, terorganisasi yang bisa digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengintrepetasi dari beberapa kegiatan bisnis."

sumber ini saya ambil dari situs luar negeri yaitu : https://en.wikipedia.org/wiki/Enterprise_resource_planning

sedangkan pengertian di indonesia ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning (Perencanaan sumber daya perusahaan), yaitu istilah industri untuk mengatur aktivitas yang luas dari suatu kegiatan yang membantu bisnis mengelola bagian-bagian penting dari bisnisnya.
Tujuan penting dari ERP adalah untuk memfasilitasi aliran informasi sehingga keputusan bisnis dapat data-driven.
Software ERP suite yang dibangun untuk mengumpulkan dan mengatur data dari berbagai tingkat organisasi untuk menyediakan managenment dengan wawasan indikator kinerja utama (KPI) secara real time.

Fungsi Fungsi dari Modul perangkat lunak ERP adalah bisa atau dapat membantu administrator organisasi memonitor dan mengelola rantai pasokan, pengadaan, persedian, keuangan, siklus hidup produk, proyek, sumber daya manusia dan komponen mission-critical lain dari bisnis melalui serangkaian dashboard eksekutif yang saling berhubungan.

Sumber situs dalam negeri : https://rcmlanglangbuana.wordpress.com/2015/04/11/pengertian-dan-definisi-erp-enterprise-resource-planning/ 

Kemudian di ERP juga memiliki aplikasi nya salah satu nya adalah Aplikasi ODOO yang berbasis open source, nah berikut pengertiannya:

"Odoo is an all-in-one management software that offers a range of business applications that form a complete suite of enterprise management applications. The Odoo solution is ideal for SMEs, but fits both small and large companies alike. Odoo is an all-in-one business software capable of covering all business needs, including CRM,".

Dapat disimpulkan bahwa odoo merupakan sebuah aplikasi berbasis erp yang memuat berbagai macam modul bisnis yang dibutuhkan, dan dapat memberikan solusi ideal pada perusahaan berbasis kecil maupun besar.

Sumber situs luar negeri dapat dilihat di https://en.wikipedia.org/wiki/Odoohttps://en.wikipedia.org/wiki/Odoo



Pengertian odoo di indonesia

OpenERP atau Odoo adalah paket aplikasi bisnis open-source ditulis dengan Python dan dirilis di bawah lisensi AGPL. Digunakan oleh 2 juta pengguna di seluruh dunia [sumber pihak ketiga diperlukan] untuk mengelola perusahaan dari semua ukuran yang berbeda. Komponen utamanya adalah server, 260 modul inti (juga disebut modul resmi) dan sekitar 4.000 modul komunitas.
Odoo atau lebih dikenal sebagai OpenERP sampai Mei 2014. Namanya di ganti karena pada versi 8 menyertakan aplikasi termasuk website builder, e-commerce, point of sale dan bisnis intelijen. Perangkat lunak ini sesuai dengan harapan standar sistem ERP, sambil memberikan modul tambahan di luar cakupan sistem ERP tradisional.

Untuk sumber lengkapnya bisa kunjungi https://yusufandriblog.wordpress.com/2016/03/21/pengertian-odoo/


Modul Sales From Outside Country Site :
In the context of growing market competition, organizations are focusing more on closer partnership across supply chain. Increasing efficiency in sales and distribution process facilitates an organization to maintain its competitive edge. Best practice processes, embedded in an ERP package, are an enabler in this direction.
The important components of sales modules:
  1. Sales inquiry handling.
  2. Sales pricing control.
  3. Sales contract handling.
  4. Sales order control.
  5. Sales invoicing.
Integration with other modules: Sales module is a highly integrated execution module. It draws most of its input from the following modules:
  1. Inventory module for verifying available and projected stock.
  2. Production module for production schedules and lead time of delivery.
  3. Purchasing module for generation of direct delivery purchase order.
  4. Warehousing module for issuing order and shipment.
  5. Accounts receivable module where sales invoices are recorded.
  6. Distribution requirement planning under planning module for just in time delivery and supplying to channels partners.

Sales enquiry handling functionality

  1. Margin Control: Margin control is based on cost price, standard sales price or retail price. The system verifies if the price quoted is as per allowable margin. Allowable margin may be configured to vary from user to user, whereby an user with higher level of authorization may confirm a transaction which was disallowed by the system for a user with lower level of authorization.
Quotation is made in response to enquiry from a customer. Quotation may be created for a standard or customized item. Terms of payment is suggested by the system from the credit rating of the customer and delivery date is obtained from the Available to Promise (ATP) data of inventory module. Price and discount amount for each item of the quotation may be obtained automatically from price book. If the quotation is successful, it is processed for generation of sales order. If the quotation is unsuccessful, the reason of failure and name of successful vendor are recorded in the system for future reference.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di : http://www.managementstudyguide.com/erp-sales-module.htm

Modul Sales di dalem negeri :
 
Modul Sales Management Odoo
Modul Sales management ditekankan pada penggunaan strategi penjualan yang mampu mengantisipasi perubahan pasar.
Prioritas utama dari penggunaan modul ini adalah untuk membuat struktur data yang mampu merekam, menganalisis, dan
mengontrol aktifitas untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dan menghasilkan keuntungan yang layak dalam
periode akuntansi yang akan datang (Wibisono, 2005) [5].

Sumber : https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/.../pengembangan-modul-sales-management

atau bisa download pdf disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Blog Mahasiswa STMI SII1 - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -